Sabtu, 12 Januari 2013

Pengenalan DB2

       Pada zaman saat sekarang ini kebutuhan untuk pengelolaan database bagi perusahaan - perusahaan sangat lah penting. Baik perusahaan kecil maupun persahaan - perusahaan besar yang sangat membutuhkan banyak data untuk di kelola.
              Untuk itu, maka diperlukan sebuah software yang dapat di pergunakan pada dabatase agar database yang di gunakan oleh perusahaan - perusahaan tersebut dapat di kelola dengan baik. Salah satu software tersebut adalah IBM.DB2

               IBM DB2 ada model dari salah satu server yang dikembangkan oleh perusahaan IBM. DB2 tersebut terdiri dari 3 product seperti DB2 for LUW ( Linux, Unix, Windows ), DB2 for z/ OS ( Main Frame ) , dan DB2 for iSeries. Selain itu IBM DB2 juga di perkuat oleh IBM InfoSphereWarehouseEdition yang mana pada dasarnya terdiri atas DB2 LUW dengan DPF ( Database Partitioning Features ), dan Massive parallel share nothing data warehousing architecture. 
                DB2 LUW ( Linux, Unix, Windows ) memiliki 3 edisi yang berbeda. yaitu adalah IBM DB2 Express-C, Workgroup Express Edition, dan Enterprise Server Editor. tiap - tiap versinya memiliki perbedaan fitur - fitur untuk ukuran worloads yang berbeda. 
                  Salah satu contoh yang disebutkan diatas adalah DB2 Express-C, DB2 Express-C dari tahap penggunaannya hampir mirip dengan software - software opensource lainnya seperti MySQL, dan PostGre SQL.Tapi DB2 Express-C di buat berdasarkan code yang sama dengan DB2 lainnya untuk edisi Linux, Unix, Windows, tapi tidak opensource. Perbedaan antara IBM DB2 dengan MySQL adalah dalam IBM DB2 Express-C tidak ada pembatasan user pada ukuran dari database.
                 Proses pekerjaan dalam DB2 dapat menggunakan Command Line ( Berbasis Text ) dan berbasis GUI ( Graphics User Interface ). Untuk menggunakan Command Line di butuhkan pengetahuan lebih tentang software DB2 tapi keunggulannya menggunakan CommandLine adalah lebih mudah untuk di scripting dan proses automatisisasi. Sedangkan jika menggunakan GUI yaitu interface yang dirancang menggunakan Multi JAVA Flatform Client dimana berisikan tentang Tampilan - tampilan yang di sesuaikan untuk pemula. DB2 sendiri juga mensupport antara SQL dan Xquery. DB2 juga APIs untuk bahasa pemograman REXX,PL/I,COBOL, RPG,FOTRAN, C++, C , Delphi, NET CLI, PHYTON, JAVA, Perl, PHP dan Ruby.. Selain itu DB2 juga mensupport integrasi dari Eclipse dan Visual Studio Integrated Development Enviroment.
                    Adapun fitur yang paling penting dari DB2 adalah fitur error handling ( mengatasi Error ). The SQL Comunication Area ( SQLCA ) digunakan dalam program DB2 untuk mengemabalikan error ke program applikasi setelah setiap statement SQL yang di eksekusi. Nilai yang di kembalikan dari SQL tersebut adalah :

  • 0 berarti sukses untuk di eksekusi
  • angka positif menandakan eksekusi sukses dengan 1 atau lebih warnings. (contoh : + 100, tapi baris tidak di temukan.)
  • angka negatif menandakan eksekusi gagal dengan error ( Contoh : -911, menandakan terjadi Deadlock, Trigerring dan Roll Back

Untuk mengetahui lebih lanjut tentang DB2 maka bisa di lihat dari Posting Berikutnya.
 
                








  




Tidak ada komentar:

Posting Komentar