Sabtu, 12 Januari 2013

Tutorial Menginstal DB2 Express-C

         Pada postingan sebelumnya kita telah berkenalan dengan DB2, nah postingan ini kita akan lebih lanjut untuk mengetahui lebih lanjut tentang DB2. Pada postingan ini kita akan belajar cara  untuk menginstal DB2 Express - C. Bagi yang belum ada Installer DB2 dapat di Download disini..




Untuk menginstal DB2 Express - C mari kita ikuti langkah2 berikut ( adapun gambar - gambar proses instalasi di bawah merupakan proses Instalasi dari Linux ) :

  • Pertama Download DB2 Express - C .
  • Buka file yang berisi instalaller dari DB2 Express - C.

  • Jalankana proses installasi dengan mendouble click pada setup.exe atau jika menggunakan linux jalankan perintah Instalasi dengan perintah db2setup untuk memulai proses instalasi.lalu click install new jika kamu belum pernah menginstal DB2 Express - C sebelumnya.
  • Jalankan Run DB2 Setup Wizard, DB2 setup wizard akan mengecek semua system yang dibutuhkan akan terlihat jika ada bekas instalasi DB2 yang pernah terinstal sebelumnya. clik tombol next untuk proses selanjutnya.
  • Persetujuan Licensi, Baca dan setujui pernyataan licensi yang muncul, click accpept lalu tekan tombol next .

  • Pilih Type Instalasi , Untuk tampilan ini ambil pilihan Typical ( Default ) , untuk type compact menunjukkan instalasi dasar, dan untuk pilihan custom mengizinkan kita untuk memilih fitur yang spesifik yang ingin kamu instal. clik next untuk lanjut.


  • Select Instalation, Response File Creation, or both, pada tampilan ini akan mengizinkan kamu untuk pemilih program mana saja yang mau kamu install, menyimpan responses ke dalam response file tanpa menginstal, atau keduanya. Ini adalah pilihan terakhir yang kita pilih secara default dan 1 yang kita gunakan untuk menginstal product dan simpan repsonses ke dalam file menggunakan tempat yang kita sediakan. kita akan membicarakan response file dalam topic silent instalasi. click next untuk melanjutkan.

  •  Pilih Folder tempat Instalasi. Tampilan ini akan mengizinkan kamu untuk memilih di folder mana DB2 Express -C akan di install dalam system kamu. Pastikan tempat yang akan di instal memiliki cukup space untuk menginstal DB2 Express -C. atau gunakan Default drive and directory setting sebagai contoh :
                                --> Drive : C
                                --> Directory : C : \ Program Files \ IBM \ SQLLIB

           Click Next untuk melanjutkan.

 

  • Konfigurasi DB Instance. Untuk sekarang kamu dapat berfikir bawah instance pasti memiliki 1 atau lebih database dan sebuah instance harus ada sebelum database dibuat. Pada jendela instalasi, instance dengan nama DB2 secara otomatis telah di buat. Apa bila dengan Linux maka instance dengan nama db2inst1. 
  • Jika kamu mengclik tombol konfiguration, kamu akan melihat tab untuk TCP/IP, Names Pipes, dan start Up. TCP / IP merupakan TAB yang default terbuka. DB2 Instance di konfigurasi berdasarkan TCP/IP dengan connection dalam port 50000 ( service name db2c_DB2 ). Kita tidak akan menjelaskan tentang Names Pipes untuk saat ini. untuk Startup mengizinkan kamu untuk mengkonfigurasi AUTO START Instance pada system Star up atau tidak. Kami menyarankan untuk plihan default lalu click next untuk melanjutkan.
  •  Set Informasi User. setelah DB2 Express - C terinstal, DB2 Express - C akan berjalan pada system sebagai system service. service ini membutuhkan account sistem operasi untuk berjalan. dalam Windows, menggunakan user db2admin ( Default ) sangat disarankan. jika user account tidak ada maka DB2 akan membuatnya dalam system untuk kamu. kamu juga dapat memilih account yang sudah ada tapi account tersebut harus ada dalam authorithy dari administrator local. sebagai tambahan kamu dapat memilih tombol account radio local system yang mana akan menggunakan local system ( spesial local account yang memilki hak yang di prioritaskan tapi tidak membutuhkan password ). kekurangan dari account local system adalah tidak bisa untuk meng akses remote DB2 network resources. kami menyarankan untuk memilih pilihan default ( seperti : membuat account db2admin ) dan pastikan kamu untuk memberi pasword untuk account tersebut. Pada linux gunakan user db2myinst1 sebagai pemilik dari instance, db2fenc1 untuk membatasi user dan dassusr1 untuk user administration db2. clik tombol next untuk melanjutkan.

  •  Mulai Instal, click tombol finish untuk memulai Instalasi. DB2 juga akan menunjukkan proses configurasi inisial
  • Langkah pertama. setelah instalasi selesai, jalankan ultility lain yaitu First step. setelah muncul, First step juga dapat dimulai kemudian degan perintah db2fs
  • Database sample adalah database yang dapat kamu gunankan untuk tujuan test, itu terbuat secara otomatisjika selesai menginstal DB2. Lihat database yang aktiv dengan menggunakan db2controlcenter. kamu dapat membuka tool ini dengan cara START --> PROGRAM --> IBM DB2  --> DB2 COPY1 ( DEFAULT ) --> General Administration Tools --> Control Center. atau kamu juga dapat memulai control center dengan perintah db2cc.
  • Jika database SAMPLE ditunjukkan pada control center, kamu dapat langsung lompat ke 2 step ke depan dari step ini. jika tidak muncul, pilih refresh item dari control center pada menu view untuk memastikan kamu mencari informasi yang sering ter update. jika databse SAMPLE belum juga muncul, kamu dapat membuat secara mannual melalui First Step. Pilih TAB yang ada bacaan Create Database, dan ikuti step step nya untuk membuat database SAMPLE. pastikan XML dan SQL objects dan data option ter checklist, dan clik OK. 
  • Tampilan Progress pembuatan database sedang berjalan akan di tunjukkan. ( Hal ini mungkin membutuhkan beberapa menit ). Ketika creation data base telah selesai clik OK dan 












Tidak ada komentar:

Posting Komentar